OKNUM SPBU CURANG

Mendag Zulhas Cek Pelayanan SPBU di Seluruh Indonesia

Laporan: Tim Redaksi
Rabu, 27 Maret 2024 | 03:41 WIB
SPBU (WIKIPEDIA)
SPBU (WIKIPEDIA)

SinPo.id -  Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan memperketat pengawasan terhadap pelayanan konsumen di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU). Upaya itu dilakukan untuk mengantisipasi kecurangan meteran dispenser BBM menjelang musim mudik Lebaran 2024.

"Kita akan cek di seluruh provinsi. Saya akan cek SPBU di seluruh Indonesia kalau ada SPBU yang curang kita pidanakan,” kata dia pada Selasa 26 Maret 2024.

Dia meminta pengelola SPBU supaya jangan sampai merugikan para pemudik. Dia mengungkapkan kecurangan pada meteran BBM di SPBU dapat menyebabkan pemudik membayar lebih dari yang seharusnya dibayar untuk pengisian bahan bakar kendaraan mereka.

"Pelaku-pelaku SPBU yang curang saya minta dihentikan segera karena itu sangat merugikan,” kata  dia.

Dia menjelaskan pengelola SPBU curang tidak hanya merugikan secara finansial, tetapi juga dapat memperlambat perjalanan mereka dan meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan atau insiden di jalan.

Dia mengimbau para pemilik SPBU tidak main-main dengan melakukan perbuatan curang. Sebab menjelang Lebaran ini akan dilakukan pengecekan seluruh SPBU di Indonesia.

“Bayangkan kalau saya isi bensin 20 liter Jakarta-Bandung itungan saya sampai. Tiba-tiba karena curang isinya hanya 10 liter atau separo jalan habis kan nyusahkan orang. Maka dari itu jangan main-main," ujarnya

Dia menambahkan pengawasan yang ketat akan dilakukan untuk memastikan bahwa meteran BBM di setiap SPBU berfungsi dengan benar dan tidak ada tindakan kecurangan yang dilakukan.sinpo

Komentar: