Hindari Puncak Arus Balik, Masyarakat Disarankan Pulang Lebih Awal

Laporan: Tio Pirnando
Jumat, 12 April 2024 | 15:26 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (SinPo.id/dok. Kemenhub)
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (SinPo.id/dok. Kemenhub)

SinPo.id - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyarankan masyarakat untuk balik atau pulang lebih awal, sebelum puncak arus balik Lebaran 2024. Puncak arus balik diprediksi bakal terjadi pada Minggu dan Senin mendatang.

"Puncaknya diperkirakan adalah hari Minggu dan hari Senin. Oleh karenanya, baliknya seperti presiden waktu itu, menganjurkan kembalinya lebih awal. Karena Minggu dan Senin itu pasti terjadi satu kenaikan yang besar," kata Budi di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Jumat, 11 April 2024.

Budi juga mengingatkan yang ingin balik dari kampung halaman, untuk bisa mengatur waktu agar tidak mepet dengan hari masuk kerja.

"Kita memang harus me-manage hari-hari yang sudah ada. Kita ada 4 hari, mulai hari ini sampai hari Senin. Hari Selasa sudah masuk," ucap Budi.

Budi menyampaikan, berdasarkan data terkini, arus balik akan mulai terjadi lonjakan pada 14 dan 15 April 2024. Dimana, terdapat kurang lebih sekitar 1.236 penerbangan.

"Soal puncak di momen mudik itu sekarang sudah mencapai 1.236 penerbangan atau mendekati tahun 2019 dengan nilai 280 penerbangan," katanya.

Untuk mengatasi lonjakan penumpang saat arus balik, Kementerian Perhubungan memerintahkan agar seluruh jajaran atau stakeholder Angkasa Pura II untuk terus meningkatkan pelayanan.

"Harus sama-sama saling mengisi, kami juga mengingatkan di mudik tahun ini biasanya banyak barang di sektor bagasi," tuturnya.sinpo

Komentar: