KONFLIK IRAN ISRAEL

DPR Minta Masyarakat Tunda Perjalanan ke Iran dan Israel

Laporan: Firdausi
Minggu, 14 April 2024 | 19:40 WIB
Anggota Komisi I DPR RI, Christina Aryani (SinPo.id/Instagram)
Anggota Komisi I DPR RI, Christina Aryani (SinPo.id/Instagram)

SinPo.id - Anggota Komisi I DPR RI, Christina Aryani mengimbau Warga Negara Indonesia agar menunda melakukan perjalanan ke dua negara konflik, yakni Iran dan Israel. 

Itu dikarenakan dua negara tersebut tengah terlibat konflik. Hal itu dikhawatirkan akan berdampak kepada masyarakat yang melakukan perjalanan ke dua negara tersebut.

"Kami meminta WNI menunda perjalanan baik ke Iran maupun Israel," kata Christina kepada wartawan, Minggu, 14 April 2024. 

Legislator Partai Golkar ini juga menyarankan WNI yang berada di Iran, Israel, dan Palestina agar menjaga kondisi keamanan saat berada di tiga negara tersebut. 

"WNI yang saat ini berada di Iran, Israel maupun Palestina, untuk mengantisipasi eskalasi keamanan yang mungkin terjadi," ujarnya. 

Selain itu, pemerintah juga diminta dalam hal ini KBRI segera melakukan evakuasi terhadap WNI yang berada di tiga negara tersebut. 

Hal itu, untuk memastikan keamanan dan keselamatan WNI yang berada di negara konflik tersebut. 

"KBRI (harus) mempersiapkan langkah-langkah evakuasi bilamana diperlukan," ujarnya. 

Sebelumnya, Iran melancarkan serangan drone dan rudal yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Israel pada Sabtu malam, 13 April 2024. 

Proksi dan sekutu Iran juga melancarkan serangan hingga membuat sirene peringatan berbunyi di banyak tempat di Israel. 

Iran telah berulang kali mengancam akan menyerang Israel sebagai pembalasan atas serangan udara mematikan pada 1 April terhadap gedung konsulatnya di Damaskus.sinpo

Komentar: