KONFLIK IRAN ISRAEL

Legislator Golkar Harap Indonesia Terlibat Redam Konflik Israel-Iran

Laporan: Juven Martua Sitompul
Senin, 15 April 2024 | 18:27 WIB
Anggota Komisi I DPR RI Christina Aryani (SinPo.id/ Dok. Golkar)
Anggota Komisi I DPR RI Christina Aryani (SinPo.id/ Dok. Golkar)

SinPo.id - Anggota Komisi I DPR RI Christina Aryani meminta pemerintah Indonesia turun langsung melalui organisasi internasional untuk meredam konflik antara Israel dan Iran. Apalagi, Indonesia merupakan negara yang mengecam segala bentuk kekerasan di muka bumi.

"Sikap Indonesia jelas, kita tidak pernah menyetujui cara-cara kekerasan apalagi perang dalam menyelesaikan permasalahan," kata Aryani dalam keterangannya, Jakarta, Senin, 15 April 2024.

Legislator Fraksi Golkar ini berharap Indonesia mampu meredam konflik dua negara itu untuk menghindari perang besar terjadi yang merugikan dunia.

"Sedapat mungkin meminta para pihak untuk menahan diri guna menghindari konfrontasi yang lebih besar yang akan merugikan semua pihak bahkan yang tidak terlibat sekalipun," kata dia.

Konflik Iran dan Israel diprediksi dapat memantik terjadinya Perang Dunia ke-III. Dari konflik dua negara itu akan timbul permasalahan di kawasan Timur Tengah bahkan dunia.

"Kami menyesalkan kejadian ini dan tentunya sangat khawatir akan bahaya yang mungkin timbul dari eskalasi kejadian ini di kawasan," kata dia.

Dia mengatakan PBB dikabarkan mengadakan pertemuan darurat membahas kejadian ini. Aryani berharap dalam pertemuan itu ditemukan solusi konkret untuk permasalahan dua negara agar tidak berkepanjangan.

"Kita berharap ada langkah konkrit yang bisa diambil sebagai solusi jangka pendek," kata dia.sinpo

Komentar: