Bawaslu Bersiap Hadapi 270 Sengketa Pileg di MK

Laporan: Tio Pirnando
Selasa, 16 April 2024 | 11:50 WIB
Jajaran Bawaslu dalam sidang sengketa Pilpres 2024 di MK. (SinPo.id/dok. Bawaslu)
Jajaran Bawaslu dalam sidang sengketa Pilpres 2024 di MK. (SinPo.id/dok. Bawaslu)

SinPo.id - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Rahmat Bagja meminta kepada seluruh jajarannya untuk bersiap menghadapi persidangan sengketa Pileg 2024 yang jumlahnya lebih dari 270 perkara di berbagai daerah.

Menurut Bagja, sidang sengketa Pileg akan langsung dilakukan, usai Mahkamah Konstitusi (MK) membaca putusan sengketa Pilpres 2024 pada 22 April.

"Sengketa hasil Pileg ini akan kita mulai dari sekitar 270-an permohonan," kata Bagja dalam di Kantor Bawaslu RI, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa, 16 April 2024.

Bagja menyampaikan, dari 270 perkara yang diterima MK terkait Pileg 2024, rinciannya 259 sengketa DPR RI hingga DPRD kabupaten/kota dan 12 permohonan sengketa Pileg DPD.

Selain itu, ia juga berharap seluruh gugatan pileg selesai pada Mei mendatang. "Kita selesaikan sampai akhir bulan ke depan dan pertengahan bulan Mei. Kita harapkan selesai semua," kata dia.

Lebih lanjut, Bagja juga mengapresiasi jajarannya dalam perhelatan Pemilu 2024. Ia juga meminta agar mengevaluasi pengawasan untuk Pilkada Serentak 2024 pada November mendatang.

"Seluruh proses pemilu telah kita lakukan dengan baik, walaupun dengan berbagai macam catatan di sana-sini. Namun dengan itu kami harapkan ada perbaikan di Bawaslu khusus dalam melakukan pengawasan di tahapan," tukasnya.sinpo

Komentar: