Jadwal Penggantian Kiswah Ka'bah Berubah Jadi Tanggal 1 Muharram

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Jumat, 29 Juli 2022 | 06:16 WIB
Kiswah atau kain penutup Ka'bah (Ist)
Kiswah atau kain penutup Ka'bah (Ist)

SinPo.id - Ada yang berbeda dalam ritual penggantian Kiswah atau kain penutup Ka'bah tahun ini. Biasanya Kiswah dibersihkan pada tanggal 9 Zulhijjah atau setelah jemaah haji menjalani Wukuf di Arafah.

Perubahan jadwal penggantian Kiswah ini langsung datang dari perintah Raja Salman.

"Tahun ini, penggantian Kiswah dilakukan 1 Muharram 1444 H," terang Asisten Wakil Sekretaris Majma' Malik Abdul Aziz li Kiswatil Ka'bah Al-Musyarrafah Ir Faris Al Mathrafi, di Makkah, Rabu, 27 Juli 2022.

Ini merupakan kali pertama penggantian kiswah dilakukan berbarengan dengan tahun baru Islam. Selanjutya, Kiswah akan diganti terus pada 1 Muharram.

"Ini kali pertama penggantian dilakukan 1 Muharram, atas perintah Raja Salman. Selanjutnya penggantian akan terus dilakukan pada 1 Muharram," kata Faris.

Menurut Faris, sebagai tempat pembuatan Kiswah Kabah, Majma' Malik Abdul Aziz li Kiswatil Ka'bah Al-Musyarrafah merupakan salah satu pusat peradaban di Makkah. Di sana ada sekitar 220 teknisi dan seniman Arab Saudi yang bekerja dalam membuat Kiswah.

"Di sini adalah produksi dengan bahan yang paling mahal di dunia. Setiap tahun biayanya sekitar 25 juta Riyal Saudi," terangnya. Bahan itu terdiri dari 760 kg sutra Italia, serta 120 kg emas dan 100 kg perak dari Jerman," ucapnya.

Sementara untuk pencucian Kabah, akan dilakukan pada 15 Muharram. Ini memang jadwal rutin dari pencucian Ka'bah.sinpo

Komentar: