Ini Sederet Aksi Hacker Bjorka, Mulai Data KPU hingga Doxing Menteri Johnny

Laporan: Tri Bowo Santoso
Sabtu, 10 September 2022 | 23:15 WIB
Hacker Bjorka meretas data KPU. Foto: Tangkapan layar
Hacker Bjorka meretas data KPU. Foto: Tangkapan layar

SinPo.id - Aksi peretasan data kembali dilakukan Hacker Bjorka. Teranyar, Bjorka secara terang-terangan mengklaim sudah membobol data Badan Intelijen Indonesia (BIN) berupa dokumen yang ditujukan untuk Presiden Joko Widodo. Pengakuannya itu telah dibantah oleh BIN dan Istana.
 
Meski peretasan data yang dilakukan Bjorka dibantah pemerintah, faktanya ia selalu muncul di forum hacker BreachForums. Sebelumnya, Bjorka berhasil membobol beberapa data dari lembaga pemerintah atau lembaga plat merah di Indonesia.

Berikut daftar lembaga yang sempat diretas Bjorka;

1. Data KPU

Bjorka pernah membocorkan sejumlah data yang diduga milik Komisi Pemilihan Umum (KPU). Tepatnya pada Rabu (7/9) unggahan berjudul 'Indonesia Citizenship Database From KPU 105M' muncul di situs BreachForum.

Bjorka mengklaim memiliki 105.003.428 juta data penduduk Indonesia dengan detail mulai dari NIK, Kartu Keluarga, nama lengkap, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, umur, dan lain-lain.


2. Data registrasi SIM Card

Bjorka membocorkan data registrasi SIM CARD yang diklaim berjumlah 1,3 miliar dengan kapasitas 87 GB pada 31 Agustus lalu. Data itu dihargai senilai US$50 ribu atau setara Rp743,5 juta. Bjorka menyertakan sampel data sebanyak 2GB.

Merespons hal itu, Kominfo dalam keterangan resminya, mengklaim tidak memiliki aplikasi untuk menampung data registrasi (nomor ponsel) prabayar dan pascabayar.


3. Data pelanggan PLN

Sebanyak 17 juta data milik pelanggan PLN diduga bocor di forum hacker, BreachForums. Penjual data itu bernama Loliyta. Isinya, nama pelanggan, tipe KwH, tipe meteran, dan lainnya.

"Hi, Im selling data PLN17 MILLION++ with fieldID,Idpel,Name,Consumer Name,Energy Type,Kwh,Address,Meter No,Unit Upi,Meter Type,Nama Unit Upi,Unit Ap,Nama Unit Ap,Unit Up,Nama Unit Up,Last Update,Created At," tulisnya dalam unggahan di forum tersebut, 18 Agustus, sambil memberikan sejumlah sampel.


4. Dokumen untuk Jokowi

Bjorka membocorkan rangkaian surat rahasia yang ditujukan untuk Jokowi, termasuk dari Badan Intelijen Negara (BIN).

"Contains letter transactions from 2019 - 2021 as well as documents sent to the President including a collection of letters sent by the State Intelligence Agency (Badan Intelijen Negara) which are labeled as secret," ujar Bjorka dalam unggahannya di breached.to, pada Jumat, 9 September 2022.

Dalam keterangannya, dokumen yang dicuri pada September 2022 itu terdiri dari 679.180 data dengan kapasitas 40 MB (compressed) dan 189 MB (uncompressed).

Bjorka tak menyertakan rincian harga jual. Kemungkinan ini dilakukan sekadar unjuk gigi membuktikan ucapan sebelumnya di Telegram untuk membobol data Presiden.


5. Doxing Johnny Plate

Bjorka melakukan doxing kepada Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate teat hari ini, Sabtu (10/9) di saat ulang tahunnya.

"Happy birthday," tulis Bjorka di grup telegram Bjorkanism pada Sabtu (10/9) siang.

Bersama ucapan tersebut, Bjorka juga melakukan doxing dengan melampirkan sejumlah data-data pribadi Johnny.

 sinpo

Komentar: