Tekan Kekerasan Perempuan dan Anak, Kantor PKB Jadi Tempat Pelaporan Korban

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 04 Januari 2023 | 14:33 WIB
Kantor DPP PKB/PKB
Kantor DPP PKB/PKB

SinPo.id -  Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berkomitmen menekan kekerasan terhadap anak dan perempuan di Tanah Air.

Partai besutan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) ini bahkan siap menjadikan kantor PKB di seluruh daerah sebagai tempat pelaporan dan pengaduan tindak kriminal tersebut.

"DPP PKB berkomitmen dalam upaya perlindungan terhadap anak dengan siap menjadikan kantor-kantor PKB di seluruh tingkatan sebagai pusat pengaduan dan perlindungan anak," kata Ketua Bidang Kesehatan dan Perlindungan Anak DPP PKB Nihayatul Wafiroh di Jakarta, Rabu, 4 Januari 2022.

Nihayatul mengeklaim PKB memiliki susunan kepengurusan membidangi perempuan dan anak sampai tingkatan bawah dari pusat, provinsi hingga kabupaten/kota.

"Kalau kantor dijadikan tempat pelayanan, masyarakat akan lebih mudah mengakses dan tidak perlu ada persayaratan apa pun," kata dia. 

Dia mengungkap alasan lain kantor PKB dijadikan tempat pelaporan. Menurut dia, persoalan lain dari korban adalah tidak yakin bila melaporkan kepada polisi dan penegak hukum dapat menyelesaikan permasalahan tersebut.

"Dengan melaporkan ke kantor PKB di semua tingkatan, khususnya kekerasan seksual, kami akan mendampingi semua tahapan termasuk visum. Bahkan kata dia, PKB memiliki lembaga bantuan hukum (LBH) untuk mendampingi para pelapor dan korban," ucapnya. 

PKB juga mendorong para wakil mereka di DPR dan DPRD lintas komisi untuk mengawal berbagai kasus tindak kekerasan terhadap anak.
sinpo

Komentar: