MUDIK LEBARAN 2023

Tips Mudik: Jangan Berkendara dalam Kondisi Ngantuk

Laporan: Sigit Nuryadin
Selasa, 18 April 2023 | 08:13 WIB
Ilustrasi arus mudik (SinPo.id)
Ilustrasi arus mudik (SinPo.id)

SinPo.id -  Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Irjen Firman Shantybudi meminta pemudik menjaga dan memperhatikan kondisi fisik agar stamina tetap fit selama berkendara. Menurut dia, jangan memaksakan diri berkendara dalam kondisi mengantuk.

"Pengemudi bermain dengan hitungan detik, kecelakaan bisa terjadi sewaktu-waktu," tuturnya pada Senin, 17 April 2023.

Salah satu faktor terjadi kecelakaan lalu lintas para pemudik karena kelelahan fisik. Hal itu, kata dia, lantaran masyarakat yang melakukan perjalanan mudik mengemudi terlalu jauh hingga malam hari.

"Kalau berasumsi berangkat dari Jakarta, apalagi dari Sumatera, umpamanya, makin mendekat ke arah Timur itu tingkat kelemahan makin tinggi," ujar Firman

Lebih lanjut, Firman menghimbau untuk pemudik agar berhenti dan beristirahat di rest area yang telah disediakan. Apalagi, pemudik tidak memiliki sopir cadangan dalam menempuh perjalanan jarak jauh.

"Pengemudi profesional, mengendarai kendaraan dalam kondisi normal dianjurkan selama 4 jam. Akan tetapi, untuk di luar kategori itu, batas waktu 2 jam sampai 3 jam, perlu berhenti dan beristirahat," kata Firman menjelaskan.
sinpo

Komentar: