Arus Balik, 4.026 Pemudik Tiba di Terminal Tanjung Priok Jakarta

Laporan: Khaerul Anam
Selasa, 16 April 2024 | 13:18 WIB
Arus balik lebaran dengan Bus (SinPo.id/ Beritajakarta)
Arus balik lebaran dengan Bus (SinPo.id/ Beritajakarta)

SinPo.id - Terminal Bus Tanjung Priok, Jakarta Utara masih ramai dipenuhi para penumpang arus balik Lebaran. Jumlah penumpang bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang tiba sejak Sabtu hingga Selasa atau 13- 16 April 2024 pagi mencapai 4.026 dengan menggunakan 397 bus.

Kepala Terminal Bus Tanjung Priok, Muzofar Surya Alam mengatakan, lonjakan jumlah penumpang arus balik sudah terjadi sejak H+3 Lebaran dan diprediksi masih akan terjadi hingga Rabu, 17 April besok.

"Terminal Tanjung Priok mulai dipadati penumpang arus balik sejak Sabtu, kemudian pada Minggu malam mencapai puncaknya. Untuk pagi hari ini tercatat 178 penumpang tiba dengan 21 bus," ujar Surya, Selasa, 16 April 2024.

Ia merinci, sejak 13 April tercatat ada kedatangan sebanyak 1.385 penumpang menggunakan 123 bus; 14 April sebanyak 1.472 penumpang dengan 136 bus. Selanjutnya, 15 April berjumlah 991 penumpang dengan 117 bus.

"Mayoritas penumpang arus balik ini berasal dari beberapa kota dan kabupaten di Pulau Jawa. Kemudian, ada juga penumpang dari Pulau Madura dan Sumatera," terangnya.

Lebih lanjut, Ia meminta Perusahaan Otobus agar selalu menaikan dan menurunkan penumpang hanya di area terminal sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Jangan diturunkan di jalan atau sebelum masuk terminal. Selain bisa memicu kemacetan lalu lintas serta membahayakan penumpang, jumlah arus mudik dan balik juga menjadi tidak terdata dengan baik," ungkapnya.

Surya menambahkan, pihaknya bersama Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya masih akan tetap melakukan ramp check kendaraan angkutan mudik.

"Sejauh ini masih kondusif. Pelayanan kesehatan juga masih tersedia di terminal. Mari jaga kesehatan dan keselamatan kita semua, selamat beraktivitas kembali," ucapnya.sinpo

Komentar: