Harga Pakan Ternak Melambung

BULOG Datangkan 500 Ribu Ton Jagung

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 16 November 2023 | 14:14 WIB
Ilustrasi (SinPo.id/Pixabay.com)
Ilustrasi (SinPo.id/Pixabay.com)

SinPo.id -  Perum BULOG telah mengimpor jagung pakan sebanyak 500 ribu ton yang didatangkan secara bertahap untuk mengatasi defisit produksi pada kuartal IV 2023.  Saat ini 20 ribu ton jagung pakan telah tiba di Indonesia dan akan segera disalurkan untuk menstabilkan harga pakan di peternak.

"Saya pastikan langsung kedatangan kapal pertama dari Vietnam sebanyak 20 ribu ton jagung pakan. Ini merupakan kedatangan perdana dari penugasan tahap pertama sejumlah 250 ribu ton," kata Direktur Utama Perum BULOG, Budi Waseso, Budi, dikutip Kamis 16 November 2023.

Budi mengatakan impor jagung itu sebagai penugasan dari Badan Pangan Nasional. Sedangkan jagung pakan impor tersebut segera dijual ke peternak sesuai dengan harga yang telah ditetapkan pemerintah untuk meredam kenaikan harga.

"Kami sudah mengantongi daftar peternak yang akan mendapat jagung pakan ini dan kami optimis dengan impor ini harga jagung pakan bisa segera turun," ujar Budi menambahkan.

Tercatat, keputusan pemerintah mengimpor jagung pakan disebabkan oleh harga jagung dalam negeri tak kunjung landau. Rata-rata harga jagung pakan saat ini mencapai Rp7 ribu per kilogram. Padahal, harga acuan penjualan (HAP) yang ditetapkan hanya sebesar Rp5 ribu per kilogram.sinpo

Komentar: