DPR Dukung AHY Berantas Mafia Tanah

Laporan: Juven Martua Sitompul
Jumat, 23 Februari 2024 | 11:50 WIB
Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni. (SinPo.id/NasDem)
Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni. (SinPo.id/NasDem)

SinPo.id - Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni mendukung penuh Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) sekaligus Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) untuk memberantas mafia tanah di Indonesia.

"Untuk memberantas mafia tanah, harus kolaboratif, tidak mungkin diselesaikan sendiri. Komisi III akan mendukung penuh dengan mendorong para mitra, dalam hal ini Polri dan Kejagung, untuk terus bantu Kementerian ATR/BPN memberantas mafia tanah," kata Sahroni dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat, 23 Februari 2024.

Sahroni menitipkan pesan kepada Menteri ATR/BPN agar tetap berani untuk mengusut oknum yang terlibat. Mengingat pengalaman sebelumnya, mafia tanah sulit untuk disentuh hukum dan banyak oknum yang diduga melindungi dan terlibat.

"Mafia tanah ini sulit disentuh karena diduga selalu dilindungi oknum. Akan tetapi, saya yakin Menteri AHY pasti bisa tegas," katanya.

Sahroni meminta AHY untuk lebih tegas dan lebih galak lagi dalam menumpas mafia tanah.

"Bro Menteri juga harus galak sikat semua oknum yang menjadi backing atau terlibat dengan mafia tanah. Pak Hadi kemarin sudah bagus, pakai sistem gebuk. Nah, Bro Menteri nanti juga harus teruskan semangat ini, atau bahkan bisa lebih galak lagi," katanya.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Menteri ATR/BPN di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu, 21 Februari 2024. AHY menggantikan Marsekal Purn. Hadi Tjahjanto setelah ditunjuk Jokowi menjadi Menko Polhukam menggantikan Mahfud Md.sinpo

Komentar: