Menkes Budi Berharap RSUD Mampu Ajarkan Keahliannya kepada Berbagai RS Lain

Oleh: Lydia
Kamis, 07 Maret 2024 | 13:30 WIB
Menkes minta RSUD bisa jadi contoh RS lain  (Foto/Kemkes)
Menkes minta RSUD bisa jadi contoh RS lain (Foto/Kemkes)

SinPo.id - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Jakarta menjalin kerja sama dengan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Vertikal Kementerian Kesehatan (Kemenkes) agar dapat melakukan layanan penyakit prioritas, seperti kanker, jantung, stroke, dan uronefrologi.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengapresiasi kerja sama tersebut karena RSUP Vertikal kini dapat berbagi kemampuan dengan rumah sakit lain, khususnya RSUD.

"Ini adalah contoh paling konkret, saya senang sekali. Artinya, rumah sakit-rumah sakit vertikal bisa membagi-bagi ilmunya ke seluruh rumah sakit umum daerah di 38 provinsi," kata Budi saat Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) DKI Jakarta di Hotel Aston Jakarta, dikutip Kamis 7 Maret 2024.

Setelah berhasil bekerjasama dengan RSUP, Budi berharap RSUD mampu berbagi keahliannya kepada RS lain, termasuk RS swasta.

"Ditarget juga RSUD-nya harus mengampu seluruh rumah sakit yang ada di daerahnya sendiri karena layanan penyakit prioritas tidak akan cukup dilayani sendiri," ujar Budi.

Secara rinci, terdapat 11 penandatanganan perjanjian kerja sama dan nota kesepahaman terkait jejaring layanan unggulan antara RSUP Vertikal dan RSUD, yakni:

1. RSCM dan 6 RSUD di Jakarta tentang kerja sama layanan diabetes melitus dilanjut dengan perjanjian kerja sama jejaring pengampuan pelayanan uronefrologi.

2. RSUD Tarakan dan RSCM terkait perjanjian kerja sama jejaring pengampuan pelayanan gastrohepatologi.

3. RS Umum Persahabatan dan RSUD Tarakan terkait kerja sama layanan donor transplantasi paru, dilanjut dengan penandatanganan perjanjian kerja sama jejaring layanan resipien transplantasi paru.

4. RS Marzoeki Mahdi dan RS Soeharto Heerdjan dengan RS Khusus Daerah Duren Sawit tentang pengampuan layanan kesehatan jiwa.

5. RSJP Harapan Kita dan 6 RSUD yang diwakili oleh RSUD Koja tentang kerja sama jejaring pengampuan pelayanan kardiovaskuler.

6. RSAB Harapan Kita dan RSUD Koja tentang perjanjian kerja sama jejaring pengampuan pelayanan kesehatan ibu dan anak.

7. RSUP Persahabatan dan 6 RSUD yang diwakili oleh RSUD Budi Asih tentang perjanjian kerja sama jejaring pelayanan rujukan respirasi dan TBC.

8. RS PON dan 7 RSUD yang diwakili RSUD Cengkareng tentang kerja sama jejaring pengampuan layanan stroke.

9. RSPI Sulianti Saroso dan RSUD Cengkareng tentang kerja sama pengampuan layanan penyakit infeksi emerging.

10. RS Dharmais dan 6 RSUD diwakili oleh RSUD Pasar Minggu tentang kerja sama jejaring pengampuan layanan kanker.

11. RSUP Fatmawati dan RSUD Pasar Minggu tentang layanan trauma.sinpo

Komentar: