Pariwisata

Pemprov DKI Incar Wisatawan Mancanegara ke Jakarta

Oleh: Lydia Fransisca
Jumat, 15 Maret 2024 | 13:28 WIB
Ilustrasi Ibu Kota Jakarta. (Foto/Instagram: Monumen Nasional)
Ilustrasi Ibu Kota Jakarta. (Foto/Instagram: Monumen Nasional)

SinPo.id - Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf), bekerjasama dengan para stakeholder untuk membuat paket-paket wisata di Ibu kota dengan tema-tema menarik.

Kepala Dinas Parekraf DKI Jakarta, Andhika Permata, mengatakan Jakarta memiliki banyak destinasi wisata menarik mulai dari wisata belanja, wisata sejarah, wisata alam, hingga wisata kuliner yang siap ditawarkan kepada wisatawan dari seluruh penjuru negara. 

"Kondisi tersebut juga ditunjang dengan aksesibilitas transportasi yang sudah terintegrasi antarmoda dan memudahkan wisatawan untuk menjelajahi Jakarta. Berbagai jenis akomodasi juga mudah ditemui di Jakarta, dari hotel berbintang hingga penginapan yang menawarkan pengalaman hidup layaknya warga lokal ibu kota," kata Andhika dalam keterangan resminya, Jumat (15/3/2024).
 
Tak hanya itu, lanjut Andhika, Jakarta memiliki beragam destinasi wisata menarik seperti Monas, Kawasan Kota Tua, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), wisata belanja sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin, hingga wisata Kepulauan Seribu yang siap memanjakan wisatawan. 

Dinas Parekraf juga tengah membina para pengusaha kuliner di Jakarta untuk bersinergi dengan dinas teknis terkait. 

“Sebagai kota global, Jakarta akan terus berupaya menyiapkan infrastruktur terbaik untuk mengakomodir kebutuhan wisatawan. Selain menjadi titik temu budaya dari segala penjuru Indonesia, Jakarta juga menjadi tempat berkumpulnya berbagai unsur modern dan tradisional. Oleh karena itu, kita akan terus berupaya untuk menjadikan Jakarta sebagai kota yang nyaman bagi semua," ujar Andhika.

Sementara itu, Ketua DPD Indonesia Inbound Tour Operators Association (IINTOA) DKI Jakarta Hanien Chang mengatakan, sejak awal Jakarta bukan hanya kota bisnis tetapi juga kota pariwisata.

Ia berharap, Pemprov DKI dapat mengembalikan kejayaan promosi pariwisata Jakarta seperti era 1980-an, yaitu Pasar Wisata.

"Pada HUT Kota Jakarta nanti, kami akan berkolaborasi dengan Dinas Parekraf DKI Jakarta untuk merencanakan agenda pemasaran pariwisata di Jakarta. Semoga hal itu dapat berlangsung dengan baik dan lancar,” ujar Hanien. 

Selain itu, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DKI Jakarta, Sutrisno Iwantono, mengatakan hotel maupun restoran di Jakarta akan terus berupaya melakukan berbagai perbaikan agar bisa memberikan layanan prima kepada para tamu dan pengunjung.

"Kita bersama pelaku wisata lainnya berkolaborasi dengan pemerintah untuk bisa mendorong segera terwujudnya Jakarta sebagai kota global melalui berbagai layanan terbaik,” imbuh Iwan. sinpo

Komentar: