BPOM Amerika Sebut Vaksin COVID-19 Pfizer Efektif Bagi Balita

Laporan: Sinpo
Rabu, 15 Juni 2022 | 12:45 WIB
FDA Amerika sebut vaksin Pfizer aman buat balita/net
FDA Amerika sebut vaksin Pfizer aman buat balita/net

SinPo.id - Badan Pengawas Obat dan Makanan (Food and Drug Administration/FDA) Amerika Serikat (AS) mengatakan bahwa dosis vaksin COVID-19 Pfizer-BioNTech untuk anak-anak tampaknya aman dan efektif bagi anak-anak yang berusia di bawah lima tahun (balita).

Dinukil dari Xinhua News, analisis yang dilakukan para ilmuwan FDA itu diunggah secara daring menjelang pertemuan para pakar independen lembaga itu yang rencananya akan digelar pada Rabu (15/6) pekan ini.

Mereka akan mempertimbangkan aplikasi dari Pfizer dan Moderna terkait vaksinasi bagi anak-anak dari kelompok usia termuda di negara itu.

Anak-anak balita merupakan satu-satunya kelompok masyarakat yang belum memenuhi syarat untuk mengikuti vaksinasi COVID-19 di AS.

Dalam analisisnya terhadap data Pfizer, FDA mengatakan tingkat pasien rawat inap dan kematian akibat COVID-19 di kalangan balita lebih tinggi dibanding mereka yang berusia 5-17 tahun, "menggarisbawahi manfaat dari vaksin COVID-19 yang efektif di kelompok usia ini."

FDA juga menyebutkan bahwa di kalangan anak-anak berusia lima tahun ke atas, yang dianggap memenuhi syarat untuk mendapat vaksin Pfizer, vaksin itu membantu mencegah perlunya perawatan di rumah sakit dan dampak serius lainnya, termasuk pada tahun ini, ketika varian Omikron yang mudah menular dan sejumlah subvariannya yang berkembang dengan cepat menjadi bentuk dominan dari virus itu.sinpo

Komentar: