CEGAH PERUNDUNGAN

Cegah Perundungan, Polisi Imbau Orang Tua Bangun Komunikasi dengan Anak

Laporan: Sigit Nuryadin
Sabtu, 09 Maret 2024 | 20:31 WIB
Ilustrasi perundungan (SinPo.id/ Pixabay)
Ilustrasi perundungan (SinPo.id/ Pixabay)

SinPo.id - Polisi mengimbau para orang tua membangun komunikasi dengan anak untuk mencegah terjadinya aksi perundungan atau bullying baik di sekolah maupun lingkungan tempat tinggal mereka.

"Banyak kasus bullying yang viral. Tentunya ini menjadi perhatian bersama terutama para orang tua untuk membangun komunikasi dengan anak secara berkelanjutan," ujar Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Gidion Arif Setyawan dalam keterangannya, Sabtu, 9 Maret 2024.

Gidieon mengungkapkan, pelaku perundungan saat ini bukan hanya anak lelaki saja, akan tetapi dapat dilakukan oleh anak perempuan. "Kami mengajak seluruh masyarakat lebih peduli dan para orang tua agar dapat menjaga anak-anak mereka," tuturnya. 

Dia pun berujar, kasus perundungan atau bullying akan berdampak pada kasus pidana meski pelakunya masih anak-anak. Oleh karenanya, orang tua wajib menjaga anaknya agar tidak menjadi pelaku perundungan. 

"Mari kita semua saling menjaga," ungkap Gidieon. 

Lebih jauh, Gidieon pun mengingatkan, agar masyarakat selalu lebih berhati-hati menggunakan media sosial (medsos) terutama kepada anak-anak.

"Terutama terhadap berita hoaks, orang tua harus bijak menggunakan media sosial dan mengerti apa yang harus disebar dan apa yang tidak boleh," kata Gidieon. sinpo

Komentar: