MUDIK LEBARAN 2024

MPR Minta AP II Maksimalkan Layanan Arus Mudik Lebaran

Laporan: Juven Martua Sitompul
Senin, 25 Maret 2024 | 19:37 WIB
Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (SinPo.id/ Dok. MPR)
Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (SinPo.id/ Dok. MPR)

SinPo.id - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta PT Angkasa Pura II (AP II) memaksimalkan layanan pada arus mudik Lebaran 2024. Keselamatan penumpang harus benar-benar diperhatikan pemerintah.

"PT AP II agar menggunakan posko terpadu di setiap terminal Bandara Soekarno Hatta sebagai tempat pemantauan dan pengamanan bagi para penumpang arus mudik Lebaran," kata Bamsoet dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin, 25 Maret 2024.

AP II memprediksi puncak arus penumpang mudik Lebaran melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang, Banten, akan terjadi pada 5-6 April 2024.

Dia berharap AP II mulai melakukan upaya antisipasi yang dapat mengurai penumpukan penumpang saat periode puncak arus mudik. Di antaranya dengan mengoptimalkan counter check in, hingga memberikan imbauan melalui keterangan tertulis di papan pengumuman untuk menggunakan fasilitas web check-in yang dimiliki maskapai.

Selain itu, meminta unit penyelenggara bandar udara agar menambah dan menyiagakan airport helper untuk melayani dan membantu penumpang. Mulai dari proses bagasi hingga membantu penumpang dengan kebutuhan khusus seperti lanjut usia dan ibu hamil.

"Airport helper dipersiapkan guna beri pelayanan prima kepada pemudik yang gunakan jasa kebandarudaraan," ujarnya.

Bamsoet meminta AP II bersama seluruh pemangku kepentingan di bandara untuk tetap berkomitmen memberikan layanan yang prima dan memastikan operasional serta pelayanan kepada penumpang dapat berjalan dengan baik, lancar, dan kondusif selama periode arus mudik Lebaran.sinpo

Komentar: