Besok, Jokowi Ambil Sumpah Jenderal Andika Perkasa Sebagai Panglima TNI

Laporan: Samsudin
Selasa, 16 November 2021 | 12:15 WIB
KSAD Jenderal Andika Perkasa besok dilantik sebagai Panglima TNI/Ist
KSAD Jenderal Andika Perkasa besok dilantik sebagai Panglima TNI/Ist

SinPo.id - Kabar pelantikan Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI terjawab sudah. KSAD tersebut akan diambil sumpahnya atau dilantik besok, Rabu (17/11).

Presiden Jokowi memastikan, pelantikan tersebut akan dilaksanakan di Istana Merdeka, Jakarta. Namun informasinya, selain pelantikan Andika, juga akan ada pelantikan calon duta besar (dubes) RI.

"Pelantikan panglima Insya Allah besok hari Rabu," kata Jokowi usai peresmian jalan tol di Serang, kemarin.

Jokowi memastikan ia hanya akan melantik panglima baru TNI pada esok hari. Ia membantah pelantikan Andika bersamaan dengan kocok ulang atau reshuffle kabinet.

"Besok pelantikan panglima, saja. Belum ada reshuffle," tegasnya.

Diketahui, pekan lalu Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan akan melantik KSAD Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang memasuki masa pensiun.

Jokowi mengatakan bahwa pihaknya masih mencari hari baik untuk melakukan pelantikan.

“Pelantikan panglima minggu depan (minggu ini). Harinya baru dicari hari baik. Minggu depan insyaallah,” katanya seusai menghadiri HUT ke-10 Partai Nasdem, Kamis, (11/11).

Sebelumnya, Jokowi mengajukan nama Andika sebagai calon panglima TNI ke DPR. Komisi I DPR lantas menggelar uji kelayakan dan kepatutan terhadap Andika.

DPR sepakat menyetujui usulan Jokowi tersebut. Dengan demikian, Andika akan menggantikan panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang pensiun pada bulan ini.sinpo

Komentar: